Frequently Asked Questions (FAQ) merupakan kumpulan pertanyaan yang sering diajukan beserta jawabannya. FAQ juga sering disebut QnA atau Q&A adalah (Questions And Answers) yang dapat diterjemahkan sebagai Pertanyaan dan Jawaban.

Berikut merupakan FAQ Aplikasi Elsimil

Elsimil Calon Pengantin (Elsimil Catin) dapat diakses secara mandiri oleh Pasangan Catin menggunakan perangkat selular seperti Smartphone/Tablet dengan mendownload aplikasi "Elsimil Calon Pengantin" melalui Google Play Store dengan URL/alamat https://play.google.com/store/apps/details?id=com.elsimilcalonpengantin.app.

Cek alamat website untuk input TPK, pastikan alamatnya https://elsimil-pwa.bkkbn.go.id/

Jika alamat sesuai pada saat input dan pengecekan namun data yang diinputkan sebelumnya tidak ada, hubungi Helpdesk Elsimil/Admin.

Cek kembali tanggal melahirkan, sasaran Pendampingan Pasca Persalinan dapat diinput selama belum terlampaui masa nifas atau 42 Hari setelah melahirkan.

Cek Kembali Pengaturan Chrome, halaman website TPK tidak perlu ditrranslete/diterjemahkan, gunakan english.

Ubah Password menjadi lebih unik, jangan gunakan password default.

Sebab:
Karena username ter-generate by system dan hanya dibedakan dengan angka di belakang nama depan tanpa menambah variabel unik lain, username rawan salah ketik dan jika tetap menggunakan password default user berpotensi login menggunakan username yang bukan miliknya.

Pastikan pada pertanyaan Penggunaan KB Pascasalin terjawab Ya

Selesaikan dl Pendampingan Bumil dengan input Tanggal Melahirkan, data akan sscara otomatis terdaftar di Bufas dan dapat didampngi sebagai Bufas

Pastikan data Pendampingan Sebelumnya terserlesaikan.
Misal pendampingan Baduta, pastikan pendampingan (Ibu) sebelumnya (Bumil, Bufas) selesai

Jika terdapat kendala sinyal, TPK dapat mengumpulkan data terlebih dahulu secara manual (dicatat di kertas atau media lain terlebih dahulu). Kemudian lakukan input data di lokasi yang memiliki sinyal/akses internet lebih baik seperti di Balai KB atau di Kelurahan.

  • Sasaran Catin tidak dapat diinput sebagai Catin jika Tanggal Pernikahan sudah terlampaui
  • Sasaran Bumil tidak dapat diinput jika Tanggal Melahirkan sudah terlampaui
  • Sasaran Bufas/Pasca Salin tidak dapat diinput jika Tanggal Melahirkan lebih dari 42 hari pada saat diinput
  • Sasaran Baduta tidak dapat diinput jika Usia lebih dari 23 Bulan

Jika data Sasaran sudah diinputkan sebelumnya, termasuk Catin yg diinput Catin Mandiri dan dilakukan Tarik Catin Mandiri, maka Tanggal Pendampingan dapat diisikan secara backdate (tanggal mundur) sehingga memungkinkan TPK untuk melakukan input data pendampingan yang sudah dilakukan pada hari sebelumnya.

Penginputan Sasaran dan Pendampingan boleh dilakukan siapa saja dalam 1 tim pendamping.

Input data pada satu pasangan/individu sasaran cukup dilakukan salah 1 anggota tim, anggota tim yang lain dapat menginputkan sasaran yg selanjutnya sehingga dapat berbagi dalam melakukan pendampingan/input.

Jika salah satu anggota TPK menginput kedalam aplikasi maka data tersebut dapat dilihat oleh seluruh anggota pada tim yang sama pada aplikasi Elsimil.

TPK berkoordinasi dengan Admin

Admin dapat menambahkan data TPK baru ke dalam aplikasi elsimil.

Untuk TPK lama yang sudah melakukan pendampingan, maka data TPK tersebut tidak dapat dihapus.

TPK berkoordinasi dengan Admin

Admin dapat membuat tim baru, kemudian pindahkan anggota TPK ke tim yang sesuai.


FAQ ELSIMIL CATIN

Saat ini belum dapat dilakukan edit data di aplikasi elsimil catin.

Solusi:
1. Catin dapat menghubungi PKB/PLKB/Balai KB sesuai alamat Catin Perempuan untuk dihubungkan dengan Tim Pendamping Keluarga (TPK), atau
2. Catin dapat menghubungi Tim Pendamping Keluarga (TPK) sesuai alamat Catin Perempuan,
3. TPK dapat melakukan Tarik Data Catin untuk dilakukan edit (sekaligus pendampingan).
4. Menghubungi Admin/Kontak Elsimil BKKBN Puast

Beberapa solusi yang bisa dicoba:

  1. Langsung dicoba login menggunakan email dan password pada saat pendaftaran, jika berhasil login lanjutkan pendaftaran catin termasuk download sertifikat, atau
  2. Hubungi Tim Pendamping Keluarga (TPK) sesuai alamat catin perempuan untuk didaftakan, download sertifikat, sekaligus input pendampingan menggunakan Elsimil TPK

Post Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp