Frequently Asked Questions (FAQ) merupakan kumpulan pertanyaan yang sering diajukan beserta jawabannya. FAQ juga sering disebut QnA atau Q&A adalah (Questions And Answers) yang dapat diterjemahkan sebagai Pertanyaan dan Jawaban.
Berikut merupakan FAQ Aplikasi Elsimil
3. Aplikasi Elsimil Calon Pengantin
Elsimil Calon Pengantin (Elsimil Catin) dapat diakses secara mandiri oleh Pasangan Catin menggunakan perangkat selular seperti Smartphone/Tablet dengan mendownload aplikasi "Elsimil Calon Pengantin" melalui Google Play Store dengan URL/alamat https://play.google.com/store/apps/details?id=com.elsimilcalonpengantin.app.
4. Data Telah Diinput di Aplikasi TPK Namun Tidak Muncul Ketika dicek Kembali
Cek alamat website untuk input TPK, pastikan alamatnya https://elsimil-pwa.bkkbn.go.id/
Jika alamat sesuai pada saat input dan pengecekan namun data yang diinputkan sebelumnya tidak ada, hubungi Helpdesk Elsimil/Admin.
5. Gagal Simpan Sasaran Pendampingan Pasca Persalinan
Cek kembali tanggal melahirkan, sasaran Pendampingan Pasca Persalinan dapat diinput selama belum terlampaui masa nifas atau 42 Hari setelah melahirkan.
6. Pilihan jenis Metode Kontrasepsi Yang Muncul Tidak Semestinya/Aneh misal Mengepel, Memotong Rumput, dsb
Cek Kembali Pengaturan Chrome, halaman website TPK tidak perlu ditrranslete/diterjemahkan, gunakan english.
7. Alamat/URL Aplikasi TPK Sudah Benar Namun Daftar Pertanyaan Tidak Lengkap
- Cek Sinyal
- Cek Versi Aplikasi
8. Tips Mengindari Salah Login atau Salah Wilayah TPK
Ubah Password menjadi lebih unik, jangan gunakan password default.
Sebab:
Karena username ter-generate by system dan hanya dibedakan dengan angka di belakang nama depan tanpa menambah variabel unik lain, username rawan salah ketik dan jika tetap menggunakan password default user berpotensi login menggunakan username yang bukan miliknya.
9. Jenis Kontrasepsi KB Pascasalin Pada Pendampingan Pasca Salin Tidak Muncula Salin
Pastikan pada pertanyaan Penggunaan KB Pascasalin terjawab Ya
10. NIK Bumil Tidak Dapat Diinput di Bufas
Selesaikan dl Pendampingan Bumil dengan input Tanggal Melahirkan, data akan sscara otomatis terdaftar di Bufas dan dapat didampngi sebagai Bufas
11. Sudah Input Data Pendampingan Namun Gagal Simpan
Pastikan data Pendampingan Sebelumnya terserlesaikan.
Misal pendampingan Baduta, pastikan pendampingan (Ibu) sebelumnya (Bumil, Bufas) selesai
12. Bagaimana jika terdapat kendala sinyal di lingkungan kerja TPK?
Jika terdapat kendala sinyal, TPK dapat mengumpulkan data terlebih dahulu secara manual (dicatat di kertas atau media lain terlebih dahulu). Kemudian lakukan input data di lokasi yang memiliki sinyal/akses internet lebih baik seperti di Balai KB atau di Kelurahan.
13. Apakah TPK dapat Melakukan Input Sasaran Pendampingan Secara Backdate?
- Sasaran Catin tidak dapat diinput sebagai Catin jika Tanggal Pernikahan sudah terlampaui
- Sasaran Bumil tidak dapat diinput jika Tanggal Melahirkan sudah terlampaui
- Sasaran Bufas/Pasca Salin tidak dapat diinput jika Tanggal Melahirkan lebih dari 42 hari pada saat diinput
- Sasaran Baduta tidak dapat diinput jika Usia lebih dari 23 Bulan
14. Apakah TPK dapat Melakukan Input Pendampingan Secara Backdate?
Jika data Sasaran sudah diinputkan sebelumnya, termasuk Catin yg diinput Catin Mandiri dan dilakukan Tarik Catin Mandiri, maka Tanggal Pendampingan dapat diisikan secara backdate (tanggal mundur) sehingga memungkinkan TPK untuk melakukan input data pendampingan yang sudah dilakukan pada hari sebelumnya.
15. Dalam melakukan input Sasaran dan Pendampingan, apakah setiap anggota TPK harus melakukan input kedalam aplikasi Elsimil?
Penginputan Sasaran dan Pendampingan boleh dilakukan siapa saja dalam 1 tim pendamping.
Input data pada satu pasangan/individu sasaran cukup dilakukan salah 1 anggota tim, anggota tim yang lain dapat menginputkan sasaran yg selanjutnya sehingga dapat berbagi dalam melakukan pendampingan/input.
Jika salah satu anggota TPK menginput kedalam aplikasi maka data tersebut dapat dilihat oleh seluruh anggota pada tim yang sama pada aplikasi Elsimil.
16. Bagaimana jika terdapat TPK yang mengalami pergantian anggota?
TPK berkoordinasi dengan Admin
Admin dapat menambahkan data TPK baru ke dalam aplikasi elsimil.
Untuk TPK lama yang sudah melakukan pendampingan, maka data TPK tersebut tidak dapat dihapus.
17. Bagaimana jika terdapat kesalahan penginputan tim TPK lebih dari 3 orang dalam 1 tim?
TPK berkoordinasi dengan Admin
Admin dapat membuat tim baru, kemudian pindahkan anggota TPK ke tim yang sesuai.
FAQ ELSIMIL CATIN
1. Aplikasi Elsimil Calon Pengantin
Elsimil Calon Pengantin (Elsimil Catin) dapat di link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.elsimilcalonpengantin.app.
2. Cara Unduh dan Instal APlikasi Elsimil Catin
Ikuti langkah ini https://helpdesk.bkkbndiy.id/langkah-unduh-dan-install-elsimil-catin/
3. Cara melakukan pendaftaran Elsimil Catin
Ikuti langkah ini: https://helpdesk.bkkbndiy.id/langkah-pendaftaran-akun-elsimil-catin/
4. Cara Login Elsimil Catin
Ikuti langkah berikut: https://helpdesk.bkkbndiy.id/langkah-login-aplikasi-elsimil-catin/
5. Cara isi data Daftar Catin di Elsimil Catin
Ikuti langkah berikut: https://helpdesk.bkkbndiy.id/langkah-isi-data-daftar-catin-di-elsimil-catin/
6. Cara unduh sertifikat di Elsimil Catin
Ikuti langkah berikut: https://helpdesk.bkkbndiy.id/langkah-unduh-sertifikat-di-aplikasi-elsimil-catin/
7. Cara edit data Daftar Catin (misal salah input)
Saat ini belum dapat dilakukan edit data di aplikasi elsimil catin.
Solusi:
1. Catin dapat menghubungi PKB/PLKB/Balai KB sesuai alamat Catin Perempuan untuk dihubungkan dengan Tim Pendamping Keluarga (TPK), atau
2. Catin dapat menghubungi Tim Pendamping Keluarga (TPK) sesuai alamat Catin Perempuan,
3. TPK dapat melakukan Tarik Data Catin untuk dilakukan edit (sekaligus pendampingan).
4. Menghubungi Admin/Kontak Elsimil BKKBN Puast
8. Bagaimana jika Terjadi error saat pendaftaran
Beberapa solusi yang bisa dicoba:
- Langsung dicoba login menggunakan email dan password pada saat pendaftaran, jika berhasil login lanjutkan pendaftaran catin termasuk download sertifikat, atau
- Hubungi Tim Pendamping Keluarga (TPK) sesuai alamat catin perempuan untuk didaftakan, download sertifikat, sekaligus input pendampingan menggunakan Elsimil TPK
Post Terkait
- Bahan Tayang Tutorial Elsimil V3
- Visualisasi Data Pendampingan Baduta Elsimil Januari-Juni 2024
- Share File Elsimil Januari-Juli 2024
- Pendaftaran Elsimil Catin Error: Email Sudah Ada Sebelumnya
- Tips Input Pendampingan Catin Di Elsimil TPK
- Langkah Input Pendaftaran Sasaran Catin/CaPUS Di Aplikasi Elsimil TPK
- Input Pendampingan Bufas Pascasalin Kunjungan Ke2 dst
- Cara Lihat Data Laporan ByName Elsimil Admin
- Input Pendampingan Bumil Kunjungan Ke2 Danseterusnya
- Cara Lihat Tabulasi Data Pendampingan TPK di Elsimil Admin
- Input Pendampingan Elsimil TPK dari Tarik Data Catin Mandiri
- FAQ Elsimil Catin
- FAQ Elsimil
- Langkah Unduh Sertifikat di Aplikasi Elsimil Catin
- Langkah Isi Data Daftar Catin di Elsimil Catin
- Langkah Login Aplikasi Elsimil Catin
- Langkah Pendaftaran Akun Elsimil Catin
- Langkah Unduh dan Install Elsimil Catin
- Cara Edit Data Pendampingan Bumil pada Elsimil TPK
- Cara Ganti Password Elsimil TPK
- Cara Edit Data Catin di Elsimil TPK
- Cara Tarik Data Elsimil Catin ke Elsimil TPK
- Cara Ganti Password Admin Elsimil
- Tahapan Pembuatan User TPK di Elsimil
- Tips Aplikasi Elsimil Calon Pengantin 2023
- Cara Membuka Aplikasi Elsimil TPK di Laptop/PC
- Cara Melakukan Inspect di Chrome