Frequently Asked Questions (FAQ) merupakan kumpulan pertanyaan yang sering diajukan beserta jawabannya.

FAQ juga sering disebut QnA atau Q&A adalah (Questions And Answers) yang dapat diterjemahkan sebagai Pertanyaan dan Jawaban.

Berikut merupakan FAQ Aplikasi Input Pemutakhiran PK23

Hubungi Supervisor dan/atau Manajer Data Wilayah Anda

1. Android Marshmallow 6.0 atau terbaru
2. Minimum Core Speed 1.5 Ghz atau lebih tinggi (untuk kenyamanan dalam akses aplikasi)
3. 2 GB of RAM atau lebih (untuk load data ke dalam smartphone)
4. 2 GB Free Space of Internal Storage (untuk kebutuhan restore dan backup data serta menyimpan registry aplikasi)
5. Kuota Internet/WiFi untuk kebutuhan load data dan kirim data ke server

1. Map Tracking / GPS / Location
2. Read / Write Storage
3. Notification (Notifikasi)

Pada saat download dan install aplikasi, pada saat login, Sinkkronisasi/Retrive data, dan Untuk mengirimkan Data Keluarga yang sudah lengkap tersimpan.

Pada Smartphone Android:
Jika tidak muncul otomatis, klik menu titik2 ato garis vertikal d browser (umumnya di bagian kanan atas) kmd cari “tambahkan ke layar utama” atau “install aplikasi” (biasanya posisinya agak dibawah) berdekatan dengan tombol “Desktop Mode”.

Pada Smartphone IOS:
Buka PK21 menggunakan safari, ketuk Share, Ketuk Add To Home Screen, Ketuk Add.

Pada Laptop/PC:
Pada address bar browser klik tombol “Install Aplikasi”.

1. Buka Aplikasi
2. Pada halaman login ketik username (umumnya polanya adl pKODEWILAYAHnama)
3. Ketik password
4. Tandai/centang "Saya Bukan Robot"
5. Klik Login

Jika muncul halaman Ubah Password:
Ketik Password Baru dan Konfirmasi Password Baru,
klik SIMPAN

Daftar Draft berisi data yang belum terisi penuh/belum lengkap dan tersimpan dengan mode “Save As Draft”
Daftar Keluarga berisi list data yang sudah terisi penuh/lengkap dan tersimpan.

Jika seluruh anggota keluarga sudah terisi kemudian muncul halaman isian data anggota keluarga dan tidak bisa Lanjutkan jika data kosong karena sudah tidak ada nggota keluarga yang lain maka cek isian Jumlah Anggota Keluarga pada Form Wilayah.

Cek pada Daftar Draft dan Data Keluarga apakah ada data dengan No. Urut Keluarga yang sama pada wilayah RT yang sama.

Edit atau sesuaikan No. Urut Keluarga.

Hasil Listing dapat menjadi acuan.

Ya, Input Data Keluarga dapat dilakukan secara offline/mode pesawat.

Cek Isian Jenis Kelamin dan Status Perkawinan Kepala Keluarga
Cek Isian Jenis Kelamin dan Status Perkawinan Istri Kepala Keluarga

Jika Ibu Kandung tidak terdapat dalam form yang sama pilih Kode Ibu Kandung 00

Error tersebut karena pendata input d RT yg sudah terpenuhi input Target Keluarganya.
– Cek Rekap RT, Bandingkan angka Jumlah Keluarga Yang Didata dengan Jumlah Keluarga Yang Ada (Target KK).
– Cek Daftar Keluarga pada RT
– Jika ada data dobel Hapus dobelnya,
– jika ada yg salah input -biasanya salah wilayah- lakukan edit
– Jika memerlukan penambahan target KK dapat dilakukan penambahan target KK mll pengaturan target KK di Portal (jika memungkinkan), komunikasikan dg SPV/MD/MP.

Cek isian data seluruh anggota keluarga yg sudah terisi, bisa jadi ada data yg terisi/disimpan sebelumnya (pk21) ada yang salah isi nik di anggota keluarga.

Misal jika pada pk21 isian NIK Ibu salah, namun data NIK anak terisi nik ibu, maka
Edit dulu data anaknya, isikan NIK anak dengan benar
kemudian kembali ke form ibu, isikan NIK ibunya,
kemudian lanjutkan

Jika Target KK di portal baru saja diset, tunggu kurang lebih 15 menit kemudian lakukan login ulang atau sinkronisasi.

Jika interval sudah cukup lama namun tetap belum muncul, sampikan ke SPV, MD untuk cek target KK di Portal

Lakukan Sinkronisasi/Logout Login
Pastikan sinyal bagus.

Sampikan ke SPV, MD untuk cek data PK21/PPK22 dan target KK di Portal

1. Buka Daftar Keluarga, kemudian edit keluarga, pilih Status Keluarga Pindah.
2. Klik Lanjutkan
3. Klik PERBARUI DATA.

Misalkan pada PK21/PPK22 hanya pasangan suami isteri, kemudian saat PPK23 bertambah keluarga ada anak 1

Langkah Input:

1. Buka Daftar Keluarga, kemudian klik icon pensil untuk edit keluarga,
2. edit jumlah anggota keluarga sesuai jumlah saat ini (dalam contoh ini edit jml anggota keluarga 2 menjadi 3),
3. Pilih Status Keluarga 1.Ada.
4. Lanjutkan edit/input data keluarga dengan lengkapi data KK/Suami,
5. Lanjutkan edit/input data keluarga dengan lengkapi data Istri,
6. Lanjutkan edit/input data keluarga dengan lengkapi data Anak, pada form anak Mutasi Anggota Keluarga pilih Anggota Baru,
7. Lanjutkan edit/input Blok selanjutnya.

Langkah Input:

1. Buka Daftar Keluarga, kemudian edit keluarga, pilih Status Keluarga "Ada".
2. Pada Form Keluarga, Pilih "Meninggal Dunia" pada kolom Mutasi Anggota Keluarga Suami/Istri yg meninggal dunia
3. Klik Selanjutnya..dst..

Status kawin akan berisi "Cerai Mati" pada Suami/Istri yang masih tinggal.

Jadi bukan lagi pilih keluarga bercerai kemudian tambahkan anggota baru.

Langkah Input:

1. Buka Daftar Keluarga, kemudian edit keluarga, pilih Status Keluarga Bercerai. klik Perbarui Data.
2. Input data keluarga baru untuk anggota keluarga yang masih ada. Misal yg masih tinggal adalah Istri dan anak, maka pada data baru status Istri/Ibu sebagai KK dengan status perkawinan Cerai Hidup, dan seterusnya.

Langkah Input:

1. Buka Daftar Keluarga, kemudian edit keluarga, pilih Status Keluarga Bercerai. klik Perbarui Data.
2. Input data keluarga baru untuk dengan anggota keluarga saat ini.

Langkah Input:

1. Buka Daftar Keluarga, kemudian edit keluarga, edit jumlah anggota keluarga jika jumlah bertambah atau berkurang,
2. Pilih Status Keluarga 1.Ada.
3. Lanjutkan input data keluarga dengan Kepala keluarga adalah Suami/pasangan saat ini, Istri, Anak, dan seterusnya.

Cek pengisian username dan password.
Tampilkan password untuk melakukan cek pengisian.

Jika pengisian sudah sesuai namun tetap gagal login, Lapor SPV/MD/MP.

Beberapa opsi bisa dilakukan:

1. Clear/Hapus Cache/Histori/Riwayat chrome, kmd buka aplikasi lg

2. Ijinkan Cookie chrome

3. Cek kapasitas media penyimpanan/memory smartphone, kl space mepet bs dilonggarkan

4. Cek aplikasi yg berjalan bersamaan, close apps jika hpnya tdk kuat buka bbrp app sklgs.

5. Tutup kemudian buka chrome

6. Restart Smartphone

7. Cek Update Perangkat Lunak HP

8. Cek Sinyal

Hanya bisa dilakukan jika wilayah asal dan tujuan merupakan wilayah kerja user pendata yang sama.

Langkahnya:
1. Edit data keluarga
2. Pilih Wilayah, sesuaikan no orut keluarga
3. Dan seterusnya

Catatan: sebelum memindahkan sebaiknya list/cek no urut keluarga seperti contoh video: https://youtu.be/lCFsueHJis4

1. Tersimpan: Data Hasil pemutakhiran PK23 yang telah masuk ke server tp belum masuk ke proses antrian untuk validasi.
2. Received: data telah siap masuk antrian validasi di server
3. Anomali:
a. anggota keluarga berusia >= 17 tahun dengan NIK diisi 9 sebanyak 16 kali
b. anggota keluarga berusia < 10 TAHUN dengan status perkawinan "KAWIN"
c. jika anggota keluarga berusia < 10 TAHUN dengan status hubungan dengan kepala keluarga adalah "KEPALA KELUARGA"
d. jika anggota keluarga berusia < 10 TAHUN dan memiliki pekerjaan
e. jika anggota keluarga berusia < 5 TAHUN dan pendidikan terisi SELAIN tidak/belum sekolah
4. Anomali terkonfirmasi: data anomali yang telah di konfirmasi bahwa data seperti Point II adalah benar (dilakukan konfirmasi oleh MD)
5. Not Valid: Data Tidak Lolos validasi di Aplikasi Pengolahan, biasany ada notifikasi di daftar keluarga ( gradasi warna pink) variabel yang not Valid. agar valid maka lakukan perbaikan di variabel yang berwarna pink
6. Valid: data yang telah lolos validasi sistem pengolahan aplikasi.( data yang sudah sesuai dengan role validasi di system pengolahan)

  1. Kembali ke halaman Home (icon rumah) kemudian
  2. Klik Sinkronisasi, tunggu sampai selesai.
  3. Ulangi edit/input data keluarga

Terdapat Anggota Keluarga NIK 9 16x.

Edit dan betulkan NIK

Beberapa merk HP atau Smartphone kemungkinan tampilannya akan berbeda.
Sesuaikan saja.

Coba ikuti langkah berikut:
https://helpdesk.bkkbndiy.id/langkah-backup-ppk23-panjang/

Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan hpnya, utk jaga2 bisa di 0%-50% dan 100 %.

Tips untuk yang mau lebih sering backup tapi kapasitas hpnya terbatas/kuatir kepenuhan:

  • file backup bisa disimpan di media lain misalnya memorycard,flasdisk, cloud, atau email
  • file backup dikirimkan dan disimpan k org lain misal dikirim dan disimpan k SPV/MD/MP

Untuk kasus Data Sudah dimutakhirkan (Ada) Tapi status Tersimpan atau Kosong dan Tidak Masuk Progress dapat dilakukan langkah berikut:

1. Buka Daftar Keluarga, cari yg sudah dimutakhirkan (Ada) dan Status: Tersimpan atau Kosong
2. Edit sampai selesai,
3. Pastikan Latitude dan Longitude terisi
4. Klik simpan,
5. Tunggu sampai proses simpan selesai

1. Pendata cek daftar keluarga, kalau ada yang salah RT bisa dibetulkan dulu sesuai RTnya,
2. jika memang target RT kurang, Pendata koordinasi dengan SPV/MD untuk bisa ditambahkan target d portal
3. Setelah interval lakukan sinkronisasi, edit/tambah data, dst

4 thoughts on “FAQ Aplikasi Input Pemutakhiran PK23”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp