Aplikasi Sistem Informasi Rantai Pasok Alokon (SIRIKA) dalah sistem digitalisasi yang dikembangkan oleh Kementerian Kependudukan dan Pembangunan Keluarga/Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk mengelola dan memantau rantai pasok alat dan obat kontrasepsi secara digital untuk memastikan ketersediaan alokon yang akurat, menghindarkan dari terjadi kelebihan atau kekurangan stok, serta meningkatkan efisiensi dalam distribusi alat kontrasepsi untuk pelayanan KB di wilayah dan di fasyankes.
Frequently Asked Questions (FAQ) merupakan kumpulan pertanyaan yang sering diajukan beserta jawabannya. FAQ juga sering disebut QnA atau Q&A adalah (Questions And Answers) yang dapat diterjemahkan sebagai Pertanyaan dan Jawaban.
Berikut merupakan FAQ Aplikasi SIRIKA
01. Apa alamat website/aplikasi Sistem Informasi Rantai Pasok Alokon (SIRIKA) saat ini?
https://siga-sirika.bkkbn.go.id
02. Bagaimana cara mendapatkan username SIRIKA bagi fasyankes?
Fasyankes baru/lama dapat melaporkan kepada OPD KB Kabupaten/Kota untuk selanjutnya dapat diteruskan kepada Tim SIRIKA Provinsi.
Saat ini pembuatan username fasyankes baru sudah dapat dilakukan oleh provinsi masing-masing melalui user admin provinsi melalui menu Pengaturan>Profil>User>Tambah User
03. Apakah semua fasyankes dan jejaring yang memiliki K/0/KB di SIGA secara otomatis memiliki akses pada Aplikasi SIRIKA?
Jejaring tidak memiliki akses (username) dalam SIRIKA. Hanya fasyankes saja yang memiliki akses (username) dalam SIRIKA.
04. Bagaimana stock alokon APBN jejaring dapat diinputkan dalam SIRIKA?
Diinputkan oleh fasyankes induknya, atau bisa berdiri sebagai fasyankes sendiri agar dapat memiliki username SIRIKA.
05. Bagaimana jika ada fasyankes yang sama sekali tidak menerima alokon APBN?
Admin Provinsi dapat menonaktifkan user fasyankes tersebut.
06. Apakah seluruh alokon yang ada di fasyankes diinputkan dalam SIRIKA?
Tidak, hanya alokon yang bersumber dari APBN (BKKBN) saja yang diinputkan dalam SIRIKA.
07. Apakah alokon dari OPD KB Kabupaten/Kota juga merupakan alokon APBN atau APBD?
Alokon yang berada di OPD KB Kabupaten/Kota selama berasal dari Perwakilan BKKBN, maka merupakan alokon APBN.
08. Bagaimana cara menginputkan alokon yang bersumber dari pembelian mandiri?
Alokon yang dibeli secara mandiri oleh fasyankes TETAP diinputkan oleh petugas pencatatan pelaporan ke dalam Mutasi Alokon SIGA.
09. OPD KB Kabupaten/Kota ingin mendistribusikan alokon ke fasyankes tertentu namun terdapat notifikasi “Gudang ini belum membuat tahun bulan lapor”. Apa Solusi dari permasalahan tersebut?
Fasyankes tersebut harus membuat bulan lapor di SIGA.
10. Apakah saat ini terdapat menu pembatalan SPMB pada SIRIKA?
Iya, saat ini sudah terdapat menu pembatalan SPMB, jadi jika jumlah dan item alokon yang akan didistribusikan terdapat kesalahan maka dapat dilakukan pembatan SPMB. Namun saat ini belum terdapat menu EDIT SPMB.
11. Bagaimana jika terdapat kabupaten/kota yang tidak bisa melakukan Stock Opname karena masih terdapat SPMB yang menggantung?
Kabupaten/Kota harus menyelesaikan dulu SPMB tersebut, apakah dilanjutkan atau dibatalkan.
12. Apakah informasi harga satuan alokon dalam SBBK saat ini dihapuskan?
Iya, saat ini untuk ahrga satuan alokon tidak ada dalam SBBK. Terdapat perbedaan metode untuk pencatatan nilai rupiah di SAKTI dan SIRIKA. Pada SAKTI menggunakan Metode FIFO sedangkan di SIRIKA menggunakan FEFA, sehingga menimbulkan ketidakselaraasan dalam pencatatan hibah. Hal ini seringkali menjadi temuan BPK ketika dilakukan pemeriksaan.
13. Mengapa angka saldo akhir di SIGA berwarna merah? Apakah tampilan baru atau maknanya apa?
Sebagai notifikasi WARNING, yang artinya saldo di R2 SIGA (Mutasi Alokon) TIDAK SAMA dengan saldo yang ada di SIRIKA.
14. Bagaimana cara membatalkan SPMB dalam SIRIKA?
Jika ingin membatalkan SPMB dalam SIRIKA, maka klik tanda silang. Nanti notifikasi “barang masih dalam proses SPMB” tidak akan muncul dan Stock Opname bisa dilanjutkan.
15. Bagaimana cara memasukkan kategori distribusi pada SIRIKA?
Login menggunakan akun operator KBKR, klik Kategori Distribusi>Klik Cari>Edit menggunakan symbol pensil>pilih kategori distribusi>simpan.
16. Bagaimana cara mengatur minum per kemas, ambang kadaluarsa untuk masing-masing jenis alokon?
Melalui menu daftar fasilitas>klik cari>klik symbol loop pada kolom aksi>klik symbol pensil pada kolom aksi untuk masing-masing jenis alokon yang akan diedit.
17. Bagaimana jika ada fasyankes yang sampai dengan saat ini belum melaksanakan Input Stock Awal Alokon APBN pada Aplikasi SIRIKA?
Segera melakukan input stock alokon melalui menu Penerimaan Manual dengan tanggal Stock Opname pada akhir bulan.
18. Apakah saat ini sudah dilakukan integrasi antara SIRIKA dengan SIGA?
Integrasi SIRIKA dengan SIGA akan mulai dilaksanakan pada bulan Oktober (info VM Kegiatan Rapat Evaluasi SIRIKA pada Jumat, 29 Agustus 2025).
19. Apa manfaat Stock Opname penyesuaian pelayanan?
Menu ini digunakan untuk menyamakan stock alokon antara SIRIKA dengan SIGA. Stock Opname dilakukan di akhir bulan saat pada pelayanan KB di bulan tersebut dipastikan sudah selesai (tidak ada lagi pelayanan KB yang akan dilakukan pada bulan tersebut). Petugas dapat merekap berapa jumlah pelayanan dalam bulan tersebut untuk kemudian dapat dijadikan dasar untuk penyesuaian jumlah stock alokon pada Aplikasi SIRIKA. Melalui menu Stock Opname Penyesuaian Pelayanan ini lah hal ini dapat dilaksanakan.
20. Apakah Stock Opname penyesuaian pelayanan ini harus dilaksanakan setiap bulan?
Secara umum, Stock Opname harus dilakukan setiap akhir bulan (tidak hanya ketika ada penyesuaian untuk pelayanan, namun jika terdapat perbedaan stock atau jika terdapat alokon kadaluarsa/ ED).
21. Bagaimana cara mengatur alamat dan mengubah logo gudang?
Login menggunakan akun operator Gudang, klik Informasi Gudang>Klik Cari>Edit menggunakan symbol pensil.
22. Apa satuan untuk BMHP Implan Kasa Steril? Apakah box atau buah?
Saat ini satuan untuk BMHP Implan Kasa Steril adalah buah.
23. Apakah item BMHP Implan pada SIRIKA sekarang dibatasi hanya 8 item saja?
Saat ini SIRIKA sudah mengakomodir item BMHP Implan di luar 8 item.
24. Jika akan melakukan Stock Opname, akun apa yang digunakan? Apakah akun KBKR atau akun gudang?
Dapat menggunakan akun Gudang dengan usermane awalan OPG.
25. Yang diinput apakah hanya alokon saja?
BMHP alokon juga diinput
26. Apa berbedaan menu Stock Opname pada level provinsi dan kab/kota dengan Stock Opname pada level fasyankes?
Stock Opname pada level provinsi dan kab/kota hanya terdapat penyesuaian lebih dan penyesuaian kurang. Sedangkan pada level fasyankes terdapat penyesuaian untuk pelayanan.
27. Apakah Alkon yang sudah Expired maupun BMHP tidak perlu diinput?
Tidak perlu diinput, yang diiput alkon dan BMHP yang belum expired (stok yang bisa digunakan)
28. Jika memiliki alkon dari pembelian APBD, namun disampaikan untuk APBD belum bisa diakomodir oleh SIRIKA yang baru, untuk alkon APBD tidak perlu dimasukkan ke stok awal ya?
Untuk alkon APBD tidak perlu dimasukkan di SIRIKA
29. Jika mau dropping alkon APBD bersamaan dengan APBN dalam 1 SBBK/permintaan lalu mekanismenya sebaiknya seperti bagaimana?
Jika ingin jadi 1 maka menggunakan SBBK manual, di provinsi BAST jadi 1, dan SBBK yang dipisahkan
30. Jika saat input stok awal ada kesalahan input jumlah tetapi sudah di submit, Cara edit atau hapus bagaimana?
Untuk Inputan yang sudah di Submit Tidak bisa diedit ataupun dihapus, namun bisa melakukan penyesuaian melalui stok opname dan Jika ada kesalahan jumlah saja maka bisa disesuaikan saat stok opname, tetapi jika kesalahan batch dll maka dihapuskan dulu datanya di stok opname kemudian diinput ulang
31. Bagaimana cara melakukan Stock Opname pada aplikasi SIRIKA?
Masuk ke dalam aplikasi SIRIKA, klik menu Stock Opname. Klik “Mulai/Sedang melakukan Stok Opname.
32. Bagaimana cara menyelesaikan Stock Opname pada aplikasi SIRIKA?
Klik menu “Selesai/Tidak Sedang Stok Opname”
33. Bagaimana cara input stok awal di aplikasi SIRIKA?
Masuk ke menu Penerimaan, klik manual kemudian klik menu “tambah penerimaan barang”, untuk tipe penerimaan dapat dipilih ke stok awal
34. Bagaimana cara membuat SBBK?
Klik menu Distribusi, pilih Rutin atau Non Rutin. Pada Menu aksi klik cetak SBBK, bisa dipilih excel atau PDF
35. Bagaimana cara menerima alkon secara sistematis?
Klik menu penerimaan, pilih “Sistematis” lalu klik aksi untuk penerimaan yang akan dipilih
36. Bagaimana cara melihat stok alkon yang ada di SIRIKA?
Pilih menu Dashboard, kemudian klik “Laporan Stok” pilih tipe barang, kemudian klik cari