ELSIMIL

ELSIMIL adalah aplikasi skrining dan pendampingan bagi Calon Pengantin (Catin), Pasangan Usia Subur (PUS), Ibu Hamil, Ibu Pasca Persalinan (Pascasalin) dan Baduta.

Pada tahun 2023 aplikasi elsimil dilakukan pengembangan dan implementasi ELSIMIL V.2.0 yang dapat digunakan untuk pendampingan semua sasaran yaitu Catin, PUS, Ibu Hamil, Ibu Pasca Persalinan, dan Ibu yang memiliki Balita. Setiap sasaran akan mendapatkan pendampingan dari Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang berada di Desa/Kelurahan yang sama dengan wilayah domisili sasaran.

Dalam penggunaanya, Aplikasi Elisimil dapat dibagi menjadi 3 (tiga) jenis aplikasi Elsimil sesuai fungsinya, yaitu: Elsimil Calon Pengantin, Elsimil Admin, dan Elsimil Tim Pendamping Keluarga.

Kemudian pada tahun 2024 aplikasi elsimil dilakukan pengembangan dan implementasi ELSIMIL V3 yang saat ini telah tersedia modul catin yang dapat digunakan untuk input data elsimil catin mandiri dan input pendampingan catin oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK). Penggunaan Aplikasi Elsimil dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Kepala BKKBN Nomor 12 Tahun 2024 tentang Optimalisasi Pelaporan Pendampingan Keluarga Berisiko Stunting pada Aplikasi Siap Nikah Siap Hamil.

Elsimil V3 dapat diunduh dan instal dari Google Playstore menggunakan perangkat selular seperti smartphone/Tablet berbasis android dengan menengetikkan kata kunci “Elsimil V3” atau dapat juga melalui link/URL/alamat https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bkkbn.elsimilsiga&hl=id.

Aplikasi Elsimil V3 saat ini baru tersedia untuk versi Android, sedangkan aplikasi untuk versi iOS/iPhone belum tersedia.

Dalam pengisian data di Elsimil V3 oleh Pasangan Calon Pengantin dapat dilakukan pada salah satu perangkat saja karena sertifikat Elsimil yang berhasil diunduh akan mencantumkan identitas Calon Pengantin Perempuan dan Calon Pengantin Pria sehingga dapat digunakan bersama.

Integrasi ELSIMIL-SIGA

Pada pengembangan aplikasi elsimil 2024 atau Elsimil V3 telah diterapkan integrasi data dengan SIGA (Sistem Informas Keluarga) sehingga data-data yang diinput melalui elsimil catin juga dapat diakses melalui SIGa oleh petugas kecematan maupun oleh TPK melalui SIGA.

Dalam penggunaan aplikasi Elsimil V3 bagi TPK juga perlu dilakukan penambahan wilayah TPK melalui SIGA dengan melakukan update K/)/TPK agar TPK dapat login, input dan mengakses data pendampingan melalui Elsimil V3.

Pada aplikasi SIGA juga telah tersedia tabulasi yang dapat diakses oleh petugas maupun oleh publik atau masyarakat umum sesuai batasan kewenangan dan sifat data, sehingga pemantauan dan analisis data dapat dilakukan secara lebih baik.


FAQ ELSIMIL:

Aplikasi Elsimil V3 dapat diunduh di Playstore, dapat dicari dengan kata kunci "Elsimil V3" atau melalui link/url: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.bkkbn.elsimilsiga&hl=id

Aplikasi Elsimil Catin menggunakan Elsimil V3 yang dapat diunduh di playstore

Aplikasi Elsimil TPK menggunakan Elsimil V3 yang dapat diunduh di playstore

Hubungi PKB/PLKB/Balai Penyuluh KB Kapanewon/Kemantren/Kecamatan

  • Klik Tombol Daftar
  • Isi data-data sampai dengan step terkhir
  • Klik Daftar
  • Lakukan Verifikasi Email

Post Terkait:

Chat WhatsApp