Tentang Helpdesk

Helpdesk merupakan seseorang, beberapa orang, atau tim yang berperan untuk menjawab pertanyaan dari pengguna layanan berbasis teknologi informasi atau teknologi digital. Pertanyaan tersebut biasanya terkait hal teknis atau masalah yang dialami pengguna saat mengakses layanan atau perangkat Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) yang sedang digunakan. Helpdesk berfokus pada trouble shooting atau penyelesaian masalah. Helpdesk memberikan informasi, solusi, dan jawaban yang lebih rinci atas pertanyaan atau permasalahn dari pengguna sampai akhirnya masalah tersebut selesai.

helpdesk.bkkbndiy dibangun untuk menyediakan solusi dan referensi terkait Teknologi Informasi, Komputer, dan Jaringan utamanya yang terkait dengan penggunaan aplikasi dan sarana TIK BKKBN sehingga setiap pertanyaan dan permasalahan/kendala aplikasi yang sedang digunakan pada program/kegiatan sedang berjalan  di lapangan dapat tersedia jawaban dan solusinya untuk memperlancar pekerjaan.

Perkembangan helpdesk.bkkbndiy.id

Perkembangan helpdesk.bkkbndiy dimulai pada tahun 2021 pada saat masa awal pandemi covid-19 dan BKKBN menjalankan kegiatan diantaranya Pendataan Keluarga 2021 (PK21). Untuk mendampingi pelaksanaan PK21 pada saat itu dikembangkan Frequently Asked Questions  (FAQ) Aplikasi Portal dan Aplikasi Input PK21 di website https://yogya.bkkbn.go.id/, selain itu juga dilakukan pendampingan melalui zoom meeting, kemudian video meeting dan tutorial yang dianggah ke youteube, serta disediakan form helpdesk sebagai sarana untuk inventarisir bug dan error aplikasi yang terjadi.

Dalam melaksanakan pendampingan dalam situasi dan kondisi pandemi covid-19 serta jangkauan yang sangat luas dan banyaknya jumlah kader pendata PK21 maka dalam pelaksanaan layanan helpdesk mengedepankan pendampingan secara remote termasuk melaui video call whatsapp. Selanjutnya pada tahun 2022, pola helpdesk PK21 dilanjutkan pada Pemutakhiran Pendataan Keluarga (PPK22) dan Verivikasi Validasi (Verval) dengan menambahkan halaman khusus terkait informasi dan dasar hukum pelaksanaan kegiatan dan FAQ di website https://yogya.bkkbn.go.id/.

helpdesk.bkkbndiy.id Saat Ini

Selanjutnya berdasarkan telaah kebutuhan helpdesk dan jumlah aplikasi yang semakin bertambah, pada awal tahun 2023 untuk lebih optimalnya layanan helpdesk maka dikembangkan website khusus dengan alamat https://helpdesk.bkkbndiy.id/ berdasarkan Surat Tugas Kepala Perwakilan BKKBN DIY Nomor 0703/TI.02/J5/2023. Pengembangan dimulai awal tahun 2023 sekitar bulan februari seiring dengan penyiapan aplikasi Portal Orientasi dan Data Tim Pendamping Keluarga Daerah Istimewa Yogyakarta (Sinta) https://sinta.bkkbndiy.id/ yang digunakan untuk orientasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) secara hybrid, kemudian sampai dengan saat ini juga terus dimanfaatkan dalam pendampingan aplikasi Pemutakhiran PK23 (PPK23), SIGA, ELSIMIL, BantuBanting, dan sebagainya.

Saat ini layanan helpdesk.bkkbndiy telah terintegrasi dengan beberapa platform yang dapat diakses secara online yaitu berupa website dengan alamat https://helpdesk.bkkbndiy.id/, Form Website, WhatsApp Chat, Google Form, media sosial Instagram @helpdesk.bkkbndiy, dan Youtube channel @helpdesk.bkkbndiy sehingga pengguna dapat memilih dan langsung menggunakan layanan sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhannya.

Alur Pemanfaatan helpdesk.bkkbndiy.id

Pada setiap platform laman helpdesk.bkkbndiy.id selain disediakan konten, tutorial, dashboard monitoring, dan Frequently Asked Questions  (FAQ)  juga disediakan saluran bagi para pengunjung yang akan mengajukan pertanyaan atau masukan terkait konten yang ada diantaranya melalui form helpdesk, kolom komentar maupun form yang ada di setiap platform, dan fasilitas chatting melalui WhatsApp sehingga dapat menjadi sarana interaksi terkait permasalahan ataupun topik yang akan diketahui lebih lanjut.

Dengan adanya beberapa pilihan platform yang disediakan diharapkan user lebih mudah mengakses helpdesk dan lebih terbantu sesuai kebutuhan/kendala yang sedang ditemui. User dapat langsung menggunakan konten/informasi/tutorial yang disediakan dan jika membutuhkan konsultasi atau ada pertanyaan yang belum ditemukan jawabannya, user dapat menggunakan saluran interaksi yang juga banyak pilihan diantaranya memalui chat whatsapp, kolom komentar, dan form lain yang disediakan.


Contact Helpdesk

Perwakilan BKKBN Daerah Istimewa Yogyakarta

Jl. Kenari No.58, Muja Muju, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.
Telp. (0274) 561215, 513422 Fax. (0274) 549225,562938
e-mail : [email protected] | [email protected]

Chat WhatsApp